Selasa, 05 Oktober 2010

Melakukan dengan setia

MELAKUKAN DENGAN SETIA

ULANGAN 28:1-14 AMSAL 20:6

Shalom.....

Syarat dan ketentuan berlaku. Pajak di tanggung pemenang. Kalimat-kalimat ini sering menjadi bagian tak terpisahkan dalam setiap promo, atau undian berhadiah apapun. Pesannya jelas, kita akan memperoleh bonus, atau hadiah jika memenuhi persyaratan tertentu. Semakin menguntungkan bonus dan hadiah yang ditawarkan, kita akan berusaha memenuhi persyaratan itu.

Mirip dengan itu, janji Tuhan juga memuat aspek ini, syarat dan ketentuan berlaku. Artinya ada ketentuan yang harus kita ikuti sebelum memperoleh janjiNya. Bagian kedua dari syarat janji berkat di Ulangan 28 ini merupakan hal yang tersulit. "Melakukan Firman dengan setia".(ayat 2) Banyak orang melakukan firman, tetapi sedikit melakukan dengan setia. Berdoa, menabur, memberkati, mengasihi, dll. Adalah melakukan firman. Tetapi jika di lakukan sesekali, bisa jadi masuk dalam kategori belum dianggap setia. Musa juga melihat kecenderungan ini pada orang Israel, sehingga ia mewanti-wanti dengan serius untuk setia dalam melakukan firman Tuhan.

Tuhan ingin kita sampai pada level ini,"melakukan dengan setia". Banyak anak Tuhan melakukan firman untuk memperoleh berkat. Sebagian karena rasa takut kepadaNya seperti bangsa Israel. Ini tidak akan pernah menyenangkanNya. Karena itu Dia mendorong kita sampai pada level kesetiaan. Sampai hati tidak tidak tertuju pada berkat atau lainnya, tetapi melakukan firman hanya karena kasih kita kepadaNya. Kesetiaan memuat aspek konsistensi dan ukuran waktu tertentu kadang disertai penderitaan. Kita dikatakan setia ketika sudah melewati ujian waktu dan konsistensi.

Bagaimana dengan janji berkatNya? Syarat dan ketentuan masih berlaku. Itu pasti datang. Tuhan adalah Allah yang setia dan selalu menepati janjiNya. Jadi, kita tidak perlu memusingkan berkat itu sendiri. Capailah kesetiaan dalam melakukan firman. Ingat, setia berarti konsisten. Mulailah konsisten dengan firman yang dibaca setiap hari! Maka pastilah berkat yang di janjikanNya akan digenapi.
Aspek melakukan firman dengan setia adalah konsistensi dan ujian waktu......Amin.

Tuhan Yesus Memberkati.....
--------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar