Senin, 25 Oktober 2010

Kapan Gunung Merapi Meletus?

Kapan Gunung Merapi Meletus?

Kepala Pusat Vulkonologi Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono menegaskan, kondisi Gunung Merapi saat ini tidak akan kembali ke posisi semula atau telah mencapai Merapi Masuk Kondisi "Point of No Return". Demikian diberitakan Kompas.

Katanya, dengan kondisi seperti ini apakah Gunung Merapi akan segera meletus atau tidak hanya Gunung Merapi sendiri yang tahu. Status Gunung Merap telah ditingkatan dari "Waspada" ke "Siaga".

Ia mengatakan, gempa-gempa yang terjadi di Merapi saat ini lebih besar daripada yang terjadi pada 2006."Saat ini, aktivitas Gunung Merapi sudah meningkat lebih dari 500 persen," ujarnya mengungkapkan.

Surono menjelaskan, pada 20 Oktober 2010 atau sehari sebelum gunung ini dinaikkan statusnya menjadi "Siaga", tercatat telah terjadi 479 kali kejadian gempa multiphase, gempa vulkanik dalam dan dangkal total 39 kejadian dan terjadinya guguran 29 kali.

"Ciri-ciri lainnya, yakni kandungan air dan gas Merapi sudah sangat berkurang, artinya kondisinya sudah panas sekali. Suhu terakhir yang kami catat di kawasan Woro, pada 20 Oktober mencapai 587 derajat celsius," katanya.

Ia mengemukakan, untuk letusan, skenarionya seperti sampai saat ini pihaknya masih belum bisa memastikannya.

"Kami berharap letusan kali ini tidak terlalu eksplosif karena bila ekplosif, maka akan terlalu berbahaya," katanya.

Menurut dia, melihat kondisi di lapangan di mana masyarakar sekitar lereng Merapi yang sudah terbiasa menghadapi kemungkinan bencana seperti ini, pihaknya tidak terlalu khawatir.

Ayat Alkitab: Yoel 3:14-16

3:14

Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari TUHAN di lembah penentuan!

3:15

Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya.

3:16

TUHAN mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. Tetapi TUHAN adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel.


http://www.wilotocorp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar